Tips cara memperkuat sinyal modem, wifi, GSM, dan antena

Perawatan komputer yang baik dan benar

Perawatan komputer yang baik dan benar
Perawatan komputer yang baik dan benar - Langkah menjaga computer atau panduan perawatan computer, terutama cpu umumnya cuma dapat dikerjakan sesudah berlangsung keluhan atau rusaknya. Sepertinya perihal ini kurang pas. Didalam penggunaannya semestinya dikerjakan perawatan computer dengan berkala baik pada cpu ataupun monitor. Sesungguhnya ada banyak hal mendasar yang kerap kita lupakan kaitannya dengan langkah menjaga computer atau panduan perawatan computer atau pc, yang bisa mengakibatkan berlangsungnya rusaknya pada computer.

Pertama dipandang dari sudut hardware :
1.       Konsentrasi debu yang melekat pada perangkat didalam cpu ataupun monitor. Terutama pada computer ( pc ) yang diletakkan di area terbuka. Konsentrasi debu tinggi dapat mengakibatkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Disamping itu pada waktu musim penghujan atau suhu lembab debu dapat menyerap uap air serta berbentuk layaknya konduktor yang bisa menghubung singkat ( konsleting ). Disamping itu juga menyebabkan susunan isolator pada pcb mengelupas hingga mengakibatkan korosi pada jalur tembaga. Bila ini berlangsung, maka perawatan computer dapat lebih sukar dikarenakan tak ada langkah lagi tak hanya ganti peripheral.
2.       Pendinginan. Pada sebagian type computer terutama computer jadul mempunyai suhu prosessor yang cukup tinggi tetapi mempunyai langkah pendinginan yang saya rasa tetap kurang
3.       Space harddisk yang tidak seimbang. Harddisk ukuran 80gb pastinya tidak seimbang bila cuma ada 2 partisi tiap-tiap 40gb c serta d. Walau sebenarnya penggunaan system c tidak kian lebih 10 gb.
4.       Pemasangan peripheral yang kurang cocok atau kurang kokoh. Umumnya ini kerap berlangsung pada pc rakitan lokal. Kerap langkah pemasangan motherboard atau peripheral yang lain dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Ini yang kerap terlewatkan didalam langkah menjaga atau panduan perawatan computer. Perihal ini dapat menyebabkan fatal
5.       Langkah pemasangan soket yang kurang nancap, maksudnya kurang mantap atau kurang mak sleeppp… ini juga dapat menyebabkan fatal.
6.       Situasi power suply. Ini kerap lolos perhatian waktu kita menjaga computer. Pada penggunaan yang telah lama, umumnya power suply dapat alami retak-retak pada solderan komponennya.
7.       Kapasitas daya power supply yang kurang memadai
8.       Tidak memakai stavolt. Beberapa orang yang remehkan pemakaian stavolt ataupun penentuan type serta mutu stavolt
9.       Suhu ruangan. Suhu ruangan ideal untuk pc lebih kurang 19 derajat celcius
10.   Listrik yang kerap drop/mati atau kurang daya. Perihal ini dapat mengakibatkan computer mati dengan mendadak tanpa sistem shutdown
11.   Situasi fisik solderan, ini spesial pada monitor. Umumnya rusaknya monitor dikarenakan oleh solderan yang retak atau terlepas akibat umur serta panas yang diakibatkan sepanjang penggunaan. Ini juga yang nyaris tentu terlewatkan didalam langkah menjaga computer atau panduan perawatan computer atau pc.


Ke-2 dipandang dari sudut software :
1.       Tidak sesuainya os, aplikasi serta volume data dengan spesifikasi computer yang dipakai.
2.       Kerap memakai computer untuk game-game kelas berat… wah2… seperti tinju saja. Menggerakkan game pada pc dapat banyak membuahkan space-space fragment serta file-file temporary yang memperlambat kinerja komputer
3.       virus. Ada virus bisa mengakibatkan lambatnya akses pada computer serta rusaknya system atau data. Apalagi didalam situasi ekstrim bisa mengakibatkan computer macet/hang. Bila telah macet tak ada langkah lain tak hanya menghimpit tombol restart pada cpu. Jika ini kerap berlangsung otomatis cpu kerap mati tanpa sistem shutdown yang bermakna dapat memperpendek usia computer terutama harddisk. Umumnya virus ditularkan melewati flashdisk serta internet untuk pc yang kerap terkoneksi internet. Disamping itu panduan penentuan anti virus yang kurang pas juga bisa merubah kinerja computer.

Ditahui perihal diatas maka untuk mengantisipasinya butuh dikerjakan langkah menjaga computer atau panduan perawatan computer atau pc dengan keseluruhan seperti berikut :

1.       bersihkan debu yang melekat pada motherboard serta peripheral lain dibagian didalam cpu dengan kuas cat ukuran tengah serta kecil untuk sudut serta celah-celah yang sempit. Kerjakan juga pada power suply dengan langkah buka casing/box power suply terlebih dulu serta cermati solderan-solderannya apakah butuh dikerjakan penyolderan lagi.
2.       Pakai hawa bertekanan tinggi ( kompressor ) agar peripheral betul-betul bersih dari debu. Atau cukup hanya hair dryer ( pengering rambut ). Namun ingat atur pada suhu rendah agar peripheral tidak meleleh.
3.       Terlepas serta gunakan kembali soket-soket peripheral. Perihal ini untuk menanggung koneksi yang prima pada konektor-konektor peripheral… cukup sekali saja tiap-tiap perawatan pc.
4.       Ingat, janganlah memakai cairan contact cleaner saat membersihan soket-soket konektor peripheral dikarenakan cara itu salah besar. Cairan contact cleaner sukar sekali ( amat lama ) kering serta justru bikin debu gampang melekat.
5.       Cermati langkah pemasangan motherboard serta peripheral yang lain adakah skrup yang tetap kurang atau kendor. Lengkapi serta kencangkan skrup-skrup tersebut
6.       cocokkan os serta aplikasi dengan spesifikasi computer serta janganlah menaruh data terlampau besar pada harddisk. Ini dapat memperberat kinerja pc
7.       buat partisi harddisk yang seimbang. Contoh harddisk 80gb dengan space used c tidak kian lebih 5gb dapat tambah baik bila kita bikin 3 partisi dengan 10gb untuk c, 35gb untuk d serta 35gb untuk e. Dengan demikin akses untuk system serta loading data dapat lebih cepat.
8.       Janganlah pakai pc untuk game-game berat jika bila memanglah computer anda dirancang untuk game. Bila memanglah maniak game, pakai saja playstation.
9.       Pakai antivirus yang cocok serta senantiasa up date, bila butuh setiap hari update… saya sangat senang gunakan avira profesional 9. 0 yang gratis…. Yang mutlak up date sekurang-kurangnya setiap 5 hari… karenanya ada antivirus yang senantiasa up date dapat meringankan langkah menjaga computer atau panduan perawatan computer atau pc kita.
10.   Pakai stavolt yang berkwalitas. Sangat banyak stavolt murah serta murahan yang cuma dapat mengantisipasi pergantian tegangan pln yang sempit. Umumnya stavolt layaknya ini walau dengan fisik ukurannya standar namun amat mudah serta tidak meyakinkan. Saya condong menentukan stavolt dengan servo motor dikarenakan mempunyai stabilisasi yang bagus. Tetapi ada juga stavolt sistem relay yang bagus namun saat ini sepertinya amat sukar didapatkan.
11.   Pakai pendingin ruangan untuk pc… atau bila tidak sangat mungkin dapat dikompensasi dengan langkah pemasangan sirip pendingin serta coolling fan ekstra jika suhu processor dirasa terlampau tinggi di atas 36 derajat celcius. Terutama ini berlangsung pada komputer-komputer jadul.
12.   Pada saat-waktu spesifik kerjakanlah defragment harddisk untuk menata lagi urutan file-file supaya kinerja computer lebih mudah. Namun janganlah terus-terusan.. ! !
13.   Kerjakan instalasi lagi os serta aplikasi jika dirasa butuh. Instalasi lagi dengan menyeluruh sekali didalam 1 thn terasa tidak terlalu berlebih untuk penyegaran semua system… terlebih bila kita inginkan upgrade system. ( contoh dari xp-sp1 ke xp-sp2 atau xp-sp3 )
14.   kerjakan penghapusan atau remove data atau aplikasi yang sekiranya tidak efisien ( tidak dulu dipakai )…
15.   sering-seringlah bersihkan temporary file, prefetch file, file-file chokies serta file-file sampah di recycle bin.
16.   Senantiasa kerjakan backup pada data-data yang dirasa penting… anda dapat mengcopynya pada cd… perihal ini untuk mengantisipasi bila setiap saat terkena serangan virus atau berlangsung rusaknya fatal pada harddisk
17.   upayakan listrik anda tidak drop/mati sepanjang computer bekerja. Bila butuh naikkan daya listrik rumah anda atau tambah baik lagi bila anda lengkapi dengan ups hingga jika listrik mati mendadak tetap ada waktu untuk menaruh data serta shutdown komputer
18.   janganlah terlampau lama membiarkan computer anda tidak terpakai ( tidak dulu dihidupkan sekalipun kurun waktu lama ). Sekurang-kurangnya sekurang-kurangnya tiap-tiap hari computer dihidupkan lebih kurang 1 s/d 2 jam. Perihal ini untuk menghangatkan sisi didalam cpu agar bebas dari kelembapan hawa.
19.   Hindari computer anda dari goncangan, getaran serta hentakan terlebih waktu computer menyala, perihal ini amat beresiko dikarenakan bisa mengakibatkan rusaknya fatal pada harddisk
20.   janganlah segan-segan memanggil teknisi computer untuk lakukan perawatan pada computer anda, jika anda jadi tidak dapat mengerjakannya.

Perawatan komputer yang baik dan benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mosi simoo

0 komentar:

Posting Komentar